RESUME
“DEBATE MARKETING The 5th Java Business Competition 2016”
@TELKOM
UNIVERSITY
TEAM
KOMPAK :
Peserta
:
1. ANANG TAUFIK – 2314040 –
3KA-01
2. GRIS SELAS LUTHFI ABBAS –
5314028 – 3KU
3. REIN L TOBING – 2314021 –
3KA-01
Debat
Marketing The 5th Java Business
Competition 2016
Ketua Pelaksana M. Rynaldi F.A.K
President Search M. Reza Saputra
Diselenggarakan rutin setiap
tahunnya oleh UKM SEARCH (Ukm
Terbaik di Tel-U) di Telkom University Pada :
Tanggal, 30 September, 01 & 02 Oktober 2016.
Seminar Marketing (Technopreneur
Success Key) & Technical Meeting diadakan pada Hari Jumat, 30 September 2016 Pukul 13.00 s.d 20.00 WIB di Telkom
University.
Dengan 3 Narasumber Hebat :
1. Fransiska P. W (Founder, CEO Prelo Indonesia)
2. Meirissa Farah F (Campus Relations
& Community Manager TECHINASIA)
3. Roymax Marihot P ( Marketing City Head – Bandung PT Gojek
Indonesia)
Diikuti oleh 23 Team + 1 Team
Tambahan (Kubang Squad dari Tel-U) dari Seluruh Indonesia
Penyisihan Debat Marketing hingga
ke Octo Final & Semifinal dilaksanakan pada :
Hari/Tgl : Sabtu, 01 Oktober 2016
Bertempat di Telkom University
Semifinal Debat Marketing
dilaksanakan pada :
Hari/Tgl : Minggu, 02 Oktober
2016
Bertempat di Bandung Indah Plaza
Hasil
Juara 1 Debat Marketing :
1. Yufrendy Team – Binus
University
2. Kubang Squad – Telkom
University
3. Cari Duit – Universitas
Indonesia (Walkout)
Best
Speaker Debat : Fathia N. (Telkom University)
Hasil
Technical Meeting sebagai berikut :
Jadwal Lomba
#
Friday, 30th September 2016
Technical
Meeting, 17.00 – end
Telkom
University
#
Saturday, 1st October 2016
Preliminary
and Octo Final, 06.45 – end
Telkom
University
#
Sunday, 2nd October 2016
Semi
Final and Final, 08.00 - end
Telkom
University and Bandung Indah Plaza
Mekanisme Lomba
#
Preliminary 1,2, and 3 : Modified Australian System
#
Octo Final, Semi Final, and Final : Asian Parliamentary System
Prepared
Motion hanya digunakan pada saat Preliminary 1 dan 2
Sistem Lomba
Australian
Parliamentary : durasi 4’ x 1 speech (no reply, no POI) Asian Parliamentary :
durasi 5’ 10” dan reply speech 3’
Sistem Lomba
Modified Australian
Modified
Australian Parliamentary : durasi 4’ x 1 speech (no reply, no POI)
Pada
menit 1 = 1 ketukan
Pada
menit 3 = 1 ketukan
Pada
menit 4 = 2 ketukan
Pade
menit 4’ 10” = ketukan terus menerus
Case
Building = 15 menit, hanya diperbolehkan menggunakan 1 laptop dari panitia dan
kertas telah disiapkan dari panitia serta catatan dalam bentuk buku dan sticky
notes
Sistem Lomba Asian
Parliamentary
Asian
Parliamentary : durasi 5’ 10” dan reply speech 3’ Pada menit 1 = 1 ketukan
*setelah
menit 1 dipersilahkan mengajukan POI selama 15 detik
Pada
menit 4 = 1 ketukan
Pada
menit 5 = 2 ketukan
Pade
menit 5’ 20” = ketukan terus menerus
Reply
Speech :
Pada
menit 1 = 1 ketukan
Pada
menit 3 = 2 ketukan
Pada
menit 3’ 10” = ketukan terus menerus
Case
Building = 20 menit, hanya diperbolehkan menggunakan 1 laptop dari panitia dan
kertas telah disiapkan dari panitia serta catatan dalam bentuk buku dan sticky
notes
Sistem Penilaian
Pada
babak Preliminary menggunakan system Victory Point dan score tetapi yang
diutamakan adalah Victory Point
Pada
babak Octo Final dan Final menggunakan system score dan knock out.
Ketentuan Busana
Sistem Pengurangan
Poin
1. Terlambat hadir saat
registrasi 5/ 20 menit (per Tim)
2. Peserta terlambat hadir dalam
arena debat setelah waktu case building habis 5/ 10 menit (per Tim)
3. Meninggalkan rangkaian acara
JBC 2016, tanpa alasan atau izin panitia 10 (per orang)
4. Menggunakan bahasa asing
(bukan istilah debat marketing) 5/speech (per orang)
5. Ketidaksesuaian busana ( dress
code, id card, Almamater) 5/pelanggaran (per orang)
6.
Kecurangan selama debat (membawa buku catatan, menggunakan gadget)
10/pelanggaran (per orang)
Hadiah Debat
Marketing JBC 2016
Juara
1 = 7.000.000 + Trophy
Juara
2 = 6.000.000 + Trophy
Juara
3 = 5.000.000 + Trophy
Best
Speaker = 500.000*
*Best
Speaker dinilai saat babak Octo Final hingga Final
Contact
Person
Made Kevin Bratawisnu 081337218495 (id line :
kevinbratawisnu)
Zeniva Ikhtiara 081223605042 (id line : cpzeniva)
Hasil
Pengundian Untuk Prelim 1
10 Mosi untuk
Prelim 1 & 2
1.
Dalam menjaga eksistensi brand, perusahaan technopreneur harus membuat online
community
2.
Positioning-Differentiation-Brand
adalah cara paling efektif agar technopreneur mencapai target pasar
3.
Customer
Data Mining merupakan strategi terbaik untuk mengetahui kebutuhan
pelanggan e-commerce
4.
Mengutamakan additional value adalah strategi yang tepat bagi technopreneur
untuk bertahan
5.
Collaborative
Marketing lebih banyak diterapkan pada perusahaan mature (mapan) di era
digital saat ini
6.
Performance
Advertising terbukti meningkatkan awareness kaum millennial
7.
Seasonal
Marketing terbukti tidak efektif mendongkrak bisnis e-commerce
8.
Untuk menarik wisatawan, pemerintah harus mengutamakan online city branding
9.
Mobile
marketing akan menjadi tren pemasaran efektif di Indonesia
10.
Perusahaan e-commerce harus menerapkan fitur VIP Shipment
KESAN PESAN SERTA
SARAN MENGIKUTI PERLOMBAAN :
Pengalaman
mengikuti Perlombaan Debat Marketing banyak sekali.
Selain
kita menambah wawasan serta pengetahuan mengenai Marketing (Pemasaran), baik
itu strategi pemasaran, konsep pemasaran, tujuan pemasaran itu kita pelajari
dan telaah semaksimal mungkin untuk menghadapi perlombaan ini.
Kebetulan
Tim LPKIA mengirimkan 2 Team, :
1.
Team Adnis (Prodi Adnis) dengan peserta :
1. Bangkit
2. Juli
3. Ia
2.
Team Kompak (Prodi Kompak) dengan peserta :
1. Anang Taufik
2. Gris Selas Luthfi Abbas
3. Rein L Tobing
Pelatihan
perlombaan ini dilakukan kurang lebih 7 kali dalam 1 bulan terakhir, oleh Bp.
Janadi & Ibu Nuri.
Banyak
sekali wawasan yang sejujurnya kami belum terlalu menguasainya, akan tetapi
semangat kami untuk terus belajar dan belajar sangat tinggi dalam mendalami
materi yang disampaikan dan diberikan oleh kedua Pendamping kami.
Dalam
pelaksanaan pelatihan kami pun dituntut untuk bisa saling berdiskusi dan
latihan Debat berdasarkan Data-Data serta Fakta-Fakta yang kuat mengenai Tema
yang Bp/Ibu Pendamping tentukan. Sehingga kami terbuka pola piker secara
kritis, dan siap dalam menghadapi perlombaan tersebut.
Selain
perlombaan tersebut, kami pun mengikuti serangkaian kegiatan Seminar pada Hari Pertama,
sekaligus dilanjutkan dengan Technical Meeting Lomba Debat. Dari mulai pukul
13.00 hingga 20.00 WIB. Apabila peserta dari luar kota mereka disarankan untuk
menginap di Hotel dekat dengan Kampus Telkom.
Keesokan
harinya pun pada Pukul 06.30 WIB kami harus sudah hadir tepat waktu di Lokasi
Kampus Telkom Fakultas FKB, karena apabila kita terlambat hadir itu akan
mengurangi Point.
Perlombaan
pun dimulai ….
Terdapat
3 Prelim sebelum Octo Final (8 Besar)
Prelim
1 pun dimulai. Team Kompak sendiri melawan Avvas Team dari Institut Teknologi
Bandung (ITB) dengan Mosi No. 4 yaitu “Mengutamakan additional value adalah
strategi yang tepat bagi technopreneur untuk bertahan”,
Team
Kompak (Pro) dan Avvas Team (Kontra). Penilaian dilakukan oleh 3 Dewan Juri,
yang pertama Dewan Juri Akademisi, yang kedua Dewan Juri Praktisi, dan yang
ketiga Dewan Juri Debat.
Prelim
1 pun dapat kami lalui dan hasil dari Prelim 1 pun kami menang melawan ITB.
Dengan VP (Victory Point 1-0). Kami pun menunggu Prelim 2.
Prelim
2 pun dimulai, kali ini Team Kompak melawan Yufrendy Team (Binus University),
dengan Mosi No. 3 “Customer Data Mining merupakan strategi terbaik untuk
mengetahui kebutuhan pelanggan e-commerce”,
Team
Kompak (Kontra) Team Yufrendy (Pro). Dan hasilnya tidak di umumkan, karena
harus menunggu Prelim ke 3. Masing-masing Team mempunyai 3 kali kesempatan
bertanding.
Prelim
ke 3 pun dimulai, kali ini Team Kompak melawan Swing Team (Telkom) dengan Mosi
yang ditentukan mendadak, karena 10 Mosi tsb hanya untuk Prelim 1 dan 2. Dengan
tema “Online Marketing membuat aktivitas iklan lebih tepat sasaran”. Team
Kompak (Pro) dan Swing Team (Kontra). Dan pada akhirnya pengumuman Octo Final,
kami Team Kompak belum mempunyai kesempatan dapat maju menuju tahapan
selanjutnya.
Tapi
kami merasa bangga dan senang sekali dapat mengikuti kegiatan yang sangat luar
biasa ini, kenapa? Karena pertama, kami mendapatkan wawasan dan pengetahuan
yang lebih mendalam perihal dunia marketing, strategi marketing, konsep
marketing, rumus marketing, wawasan marketing dengan IT, meningkatkan kemampuan
menyimak dan memahami materi dengan cepat, cepat tanggap, cepat berfikir
menemukan solusi yang berguna dan lebih baik dengan metode yang telah ada.
Kami
rasa, perlu adanya komunitas / organisasi yang khusus menangani kegiatan “Debat
Marketing”, entah itu apa. Yang berguna bagi mahasiswa menyalurkan bakat dalam
bidang “Debate” dan dengan tujuan dipersiapkan oleh kegiatan Perlombaan yang
akan datang. Sehingga tidak hanya pada saat H-1 Bulan Perlombaan lalu disibukan
oleh pelatihan-pelatihan. Kami rasa itu kurang efektif, dan pemahaman mengenai
marketing pun kami rasa masih kurang dan masih harus banyak belajar. Sehingga
dapat terkustomisasi dan terstruktur dengan baik dan kami yakin Potensi dan
Minat Mahasiswa LPKIA itu banyak sekali. Hanya saja kemauan mereka yang kurang,
mungkin dengan adanya sedikit dorongan, serta gairah dalam potensi yang mereka
miliki, kami yakin mereka akan jauh lebih baik.
Semoga
suatu saat Team LPKIA mendapatkan Bonus besar sebagai Apresiasi dari kerja
keras yang membuahkan hasil pada kegiatan-kegiatan perlombaan yang akan datang.
Semangat
and do THE BEST!
DOKUMENTASI :
PAMFLET SEMINAR
NASIONAL “TECHNOPRENEUR SUCCESS KEY”
SELURUH PERGURUAN
TINGGI YANG IKUT SERTA JBC2016
23 TIM PERLOMBAAN DEBAT
MARKETING JBC 2016
Tidak ada komentar:
Posting Komentar